Wednesday, 8 March 2017

# Daily Life

Akhir Pekan ke Pasar Hobi PGC 2017


Jika kita mengetik kata “hobi adalah” dalam mesin pencari google. Pada hasil paling atas akan muncul tulisan,  “Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan.” Apalagi, jika dari hobi kamu mampu menghasilkan, atau hobi kamu bisa bermanfaat tak hanya pada diri sendiri tapi juga banyak orang. 

Setiap hari sabtu – minggu selama bulan Maret 2017 di PGC lantai 3A, akan diselenggarakan kegiatan yang bertema pasar hobi. Di sana banyak stan dari berbagai komunitas berkumpul. Memamerkan kelebihan masing-masing, untuk memperkenalkan diri dan mengedukasi masyarakat dengan hobi yang mereka geluti. Lalu komunitas apa saja yang buka stan di sana?  


1. KUBBU BPJ (KLUB BUKU DAN BLOGGER BACKPACKER JAKARTA)

Kubbu at Pasar Hobi PGC 2017
 

Kubbu merupakan salah satu komunitas penggiat literasi di Indonesia. Dengan jargon 3M, yaitu “Membaca, Menulis, dan Menginspirasi.”

Dengan membaca wawasan akan semakin luas, dengan tulisan ilmu tak akan lekang oleh waktu, dan dengan kedua hal itu Kubbu mencoba untuk menginspirasi banyak orang agar kembali menyukai buku, untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang kian hari kian memprihatinkan.

Lalu, kenapa Kubbu buka stan di sini? Apakah untuk jualan buku, buka perpustakaan mini atau apa? Jadi, dalam rangka ulang tahun Backpaker Jakarta, Kubbu selaku salah satu komunitas dalam naungan BPJ, sedang menggalakan donasi 1000 Buku untuk Anak Indonesia. Meski sekarang internet sudah 4G. Tapi nyatanya di wilayah Indonesia yang terpencil nun jauh di Papua, Kalimantan, Sumatera, bahkan di Pulau Jawa pun masih banyak taman baca atau sekolah-sekolah yang masih kekurangan buku bacaan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kita donasikan buku bekas kita, atau jika kamu tidak punya buku bekas. Kubbu juga menerima donasi berupa uang tunai. Yang nantinya akan digunakan untuk biaya mendistribusikan buku-buku yang sudah terkumpul ke tempat yang membutuhkan.


2. KOMUNITAS PETANI KOTA

Komunitas Petani Kota mengedukasi hidroponik


Tinggal di kota bukan lagi menjadi halangan untuk menanam sayuran kita sendiri. Jika menanam sendiri pastinya akan lebih terjamin, bebas pestisida, bersih, dan hemat.

Di stan ini, pengunjung akan diajarkan, bagaimana caranya menanam dengan cara Hidroponik. Dulu waktu sekolah memang pernah diajarkan. Menanam hidroponik dengan menggunakan sekam. Tapi ternyata selain menggunakan sekam ada cara yang lebih bersih. Pengen tahu? Udah, akhir pekan nanti jangan lupa kunjungi stannya dan tanya-tanya. Jangan segan dan jangan malu, ramah-ramah kok orangnya.  



3. PERI KERTAS



Ada yang suka papercraft? Tapi nggak tau caranya? Dan selama ini masih bingung juga walaupun sudah nonton tutorialnya di youtube atau google? Yuk datang ke stannya Peri Kertas. Pengunjung bisa lipat – lipat kertas di sini dengan arahan penjaga stannya. Jadi kalau bingung, tinggal tanya. Nggak mungkin dicuekin. Kecuali, kamu tanyanya dalam hati ya. Eh.

Yuk, ganaskan kreativitasmu disini. Kalau beruntung bakal ketemu mas kece di foto loh! hehe


4.AGUS-AGUS BERSAUDARA

Agus Agus Bersaudara

Pertama kali melihat komunitas ini, saya kira Agus – Silvi sedang kampaye. Tapi, ternyata salah banget! Jadi komunitas AAB ini adalah komunitas untuk orang yang bernama Agus. Entah, Ibu – Bapak, Kakak – Adik, yang namanya ada sisipan "Agus" bisa gabung di komunitas ini. Dan misi AAB sangat mulia lho! Yaitu ingin mensejahterakan orang-orang yang bernama Agus. Keren dan unik ya...



5. SECOND SINGLE COMMUNITY

Second Single Community

Menjadi seseorang yang telah ditinggalkan itu nggak mudah. Rasa sakit yang mengakar ditambah cibiran yang membuat akar tadi semakin menusuk ke dalam. Tapi jangan pesimis dan galau lagi para Second Single. Karena dalam komunitas ini akan saling mensupport. Istilah lainnya, bisa disebut berbagi penderitaan bersama dan mengatasinnya bersama juga. Jadi, jangan berkecil hati lagi ya!

Komunitas yang baru resmi berjalan bulan Januari 2017 ini, sudah memiliki beberapa kegiatan. Salah duanya adalah hypnotherapy dan parenting. Jika kalian mampir di stan SSC, kamu bisa mencoba hipnoterahy dan pembacaan kartu tarot. Serem atau malah penasaran? Dua-duanya juga boleh!



 5. BANK SAMPAH

Karya Komunitas Bank Sampah

Menurut penelitian, untuk mengurai sampah plastik, bumi kita ini membutuhkan waktu satu milenium atau sekitar 1000 tahun. Padahal manusia yang hidup ada miliaran jiwa. Satu orang saja, katakanlah bisa hidup hingga 80 tahun. Berapa banyak sampah plastik yang dihasilkannya selama masa hidupnya? Nggak kehitung! Jadi, daripada setiap belanja membawa pulang kantong plastik baru yang bakal terbuang percuma, sebaiknya kita menggunkan goodie bag atau tas kain yang bisa dipakai berkali-kali.

Untuk kantong plastik bisa disiasati dengan goodie bag. Lalu bagaimana dengan limbah plastik lainnya? Bekas bungkus kopi,  botol, atau bahkan limbah lain yang bukan plastik semacam kertas dan kain?

Komunitas Bank Sampah ini, mengolah limbah dengan kreatifitas. Menjadi barang yang kembali bermanfaat, yang tentunya dengan tampilan yang cantik. Wah, mungkin jika banyak orang memakai tas, kotak tissue, karpet dan lain sebagainya dari limbah. Nggak menutup kemungkinan hal ini akan menjadi tren dan membebaskan bumi kita dari sampah. Kata yang tepat mungkin mengurangi kali ya, bukan membebaskan. Dengan hal kecil yang dilakukan banyak orang, nantinya akan menjadi besar dan bermanfaat untuk banyak orang. Dalam hal ini terutama bagi lingkungan dan generasi penerus manusia.

Yes! This is the end.... Itu adalah beberapa stan yang saya kunjungi, di sana masih banyak lagi komunitas yang hadir. Jadi, buat kalian yang belum punya acara di akhir pekan, yuk dateng ke Pasar Hobi PGC 2017! Daripada bengong dan mati gaya di kosan kan?! 

Selain banyak komunitas keren, di area panggung juga ada workshop dan penampilan-penampilan yahud dari komunitas-komunitas yang hadir lho! Jangan sampai terlewat ya. Ampun kesupen nggih!

10 comments:

  1. Yuuuk besok ngumpul lagi.... 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti ketagihan, ngumpul sama bocah-bocah lucu yaa... :D

      Delete
  2. besok dateng yuk kak
    aku jadi penasaran liat-liat komunitas lain hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku minggu ini gak bisa dateng lis, tar minggu depan baru kesana lagi. Hehe

      Delete
  3. Aih ka Ning bikin aku nyesel ga pergi pas opening pasar hobbi nya kubbu week end krmn. Semoga lain waktu bisa bertemu yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kesana kak, aku minggu depan mau kesana lagi :)

      Delete
  4. Aih ka Ning bikin aku nyesel ga pergi pas opening pasar hobbi nya kubbu week end krmn. Semoga lain waktu bisa bertemu yah.

    ReplyDelete
  5. komunitasnya banyak dan mantaf2, kalau mau gabung semua boleh gak ya?

    ReplyDelete
  6. wihhh keren nih, baru tau di PGC ada event ginian. cuma sampe Maret aja ya ga diterusin di April?

    -M.
    http://www.inklocita.com/2017/04/7-kota-dalam-9-hari-di-jepang.html

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata banyak komunitas seru! Sayangnya, nggak sempet dateng waktu itu :(

    ReplyDelete

instagram