Monday, 13 February 2017

# Book Review # Orizuka

[Review] Oppa & I by Orizuka dan Lia



Sinopsis:

Park Jae In:
‘Oppa’.
Apa panggilan itu tidak terdengar lucu? Terutama setelah kau pergi meninggalkanku begitu saja lima tahun lalu?
Sekarang saat bertemu lagi, apa yang membuat senyummu selebar itu?
Apa kau senang melihatku seperti ini?


Park Jae Kwon:
Jae In-a.
Kau dulu menggemaskan, tetapi sekarang mengapa begini? Siapa yang membuatmu susah, katakan pada Oppa!
Oppa tak akan membiarkan siapapun menyakitimu!
Oppa akan melindungimu!




Review:

Orizuka adalah penulis teenlit favorit saya dari jaman saya masih SMA. Dan sebenarnya sudah baca Oppa & I dari lama. Tapi karena dulu boleh pinjam. Akhirnya kemarin, memutuskan untuk beli. Dan Oppa & I ini juga  jadi buku pertama karya Lia Indra Andriana yang saya baca.

Buku ini mampu membius saya dengan diksi yang nggak bisa ditolak, membuat saya sangat menikmati alurnya. Pokoknya nggak terasa tau-tau bukunya sudah selesai dibaca. Dan walaupun bergenre teenlit dan terbit dari 6 tahun yang lalu, bahasa yang dipakai Orizuka dan Lia nggak terkesan jadul dan masih enak dibaca.

Berkisah tentang saudara kembar Park Jae In dan Pak Jae Kwon yang terpisah 5 tahun akibat perceraian kedua orang tuanya. Park Jae Bin, sang Ayah ingin mengejar karir di negara asalnya yaitu Korea Selatan. Sedangkan Sandy, sang Ibu ingin tetap berada di Jakarta juga dengan dalih yang sama. Karena ego orang tua yang tak terkendali akhirnya mereka bercerai. Juga memisahkan anak kembar mereka. Jae Kwon memilih tinggal dengan Ayahnya, sedangkan Jae In tinggal dengan Ibunya.

Lalu cerita dimulai dengan Jae In dan Ibunya pindah ke Korea untuk kembali berdamai dengan Park Jae Bin. Tidak seperti Jae Kwon yang sangat antusias dengan kedatangan saudara kembar dan Ibunya, Jae In malah bersikap tak acuh. Jae In masih tidak bisa terima Oppanya dan Ayahnya tak pernah memberi kabar sekalipun selama 5 tahun belakangan. Gadis itu merasa terlupakan.

Sebuah kisah yang bercerita tentang bersatunya kembali hubungan yang telah retak memang tak selalu mulus. Masih tersisa kesalahpahaman dan ego yang enggan pergi. Lalu setiap tokohnya akan belajar menerima dan memaafkan.

Tak hanya keluarga Park yang menarik. Teman-teman baru Jae In pun tak kalah menarik. Bagaimana ketulusan berteman mampu menjebol rasa sakit yang telah mengakar hingga menyadarkan. Mengeluarkan tokoh utama dari kesendirian dan ketakutan akan kehilangan.

Kisah Oppa & I berakhir happy ending. Yeay! Saya suka kisah yang berakhir bahagia, karena akan memperbaiki mood saya hingga senyum-senyum sepanjang hari 

Selain pemilihan diksi yang pas juga kisah yang sweet. Cover buku ini pun tak kalah manis. Dengan ilustrasi Jae In dan Jae Kwon berada di tengah-tengah bunga sakura yang juga menggambarkan karakter Jae Kwon yang periang dan Jae In yang judes. Di dalam bukunya ternyata juga ada beberapa ilustrasi yang juga bikin senyum teruss…

Saya kasih rating 3,5 dari 5 bintang! Kisah yang nyangkut di hati itu tak perlu muluk-muluk. Kisah sederhana pun jika disampaikan dengan adegan menyentuh dan pilihan kata yang asyik akan terus terpahat dalam kotak hati yang suatu saat mungkin akan kembali dibuka. Oppa & I adalah salah satu novel yang sudah saya baca 2 kali. Nggak menutup kemungkinan saya akan membacanya lagi 

Detail Buku:
Judul: Oppa & I (Book #1)
Penulis: Orizuka & Lia Indra Andriana
Penyunting: Nyi Blo
Desain Cover dan Ilustrasi isi: Angelina Setiani
Penerbit: Haru
ISBN: 9786029832532
156 halaman, 19cm
Cetakan ke-2


20 comments:

  1. Ini novel kaya nya seru untuk dibaca haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang seru, buat yang suka romance dan teenlit, hehe

      Delete
  2. Kurang suka si sama korea, tapi saya coba kasih tau temen sekelas yang pecinta korea :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu penulisnya orang indo kok, tapi emang settingnya di korea. Hehe

      Delete
  3. wah cocok kya.a nih novel untuk hadiah cewek saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, cowok gini yg susah dicari. Ngasih hadiah buku ke ceweknya. Haha

      Delete
  4. nyari bukunya, dari dulu kok belum ketemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari online aja, biasanya mereka masih banyak stok.

      Delete
  5. Replies
    1. beneran bang? kalo beneran tar pas kopdar aku bawain

      Delete

instagram